Firefly Pointer -->

Assalamualaikum Wr.Wb




Mengenal Tanda-tanda Kematian

 

5 Tanda 100 Hari Menjelang Kematian
Ini adalah tanda pertama dari ALLAH SWT kepada hambanya dan hanya akan di sadari oleh mereka yang dikehendakinya. Walau bagaimanapun semua orang islam akan mendapat tanda ini hanya saja mereka menyadari atau tidak…..
1. Tanda 100 hari sebelum kematian:
Tanda ini akan terjadi selepas waktu ashar, seluruh tubuh yaitu dari ujung rambut hingga ke ujung kaki akan mengalami getaran atau seakan-akan menggigil, contohnya seperti daging lembu yang baru saja disembelih dimana jika diperhatikan dengan teliti, kita akan mendapati daging tersebut seakan-akan bergetar.
Tanda ini rasanya nikmat dan bagi mereka yang sadar dan berdetik dihati bahwa mungkin ini adalah tanda mati, maka getaran ini akan berhenti dan hilang setelah kita sadar akan kehaidiran tanda ini. Bagi mereka yang tidak diberi kesadaran atau mereka yang hanyut dengan kenikmatan tanpa memikirkan soal kematian, tanda ini akan lenyap begitu saja tanpa sembarang manfaat…
Bagi yang sadar dengan kehadiran tanda ini, maka ini adalah peluang terbaik untuk memanfaatkan masa yang ada untuk mempersiapkan diri dengan amalan dan urusan yang akan dibawa atau ditinggalkan sesudah mati.
2. Tanda 40 hari sebelum kematian:
Tanda ini juga akan terjadi sesudah waktu ashar, bagian pusar kita akan berdenyut-denyut saat daun yang tertulis nama kita akan gugur dari pohon yang letaknya diatas arasy ALLAH SWT, maka malaikat maut akan mengambil daun tersebut dan mulai membuat persiapan atas kita, diantaranya ialah ia akan mulai mengikuti kita sepanjang waktu.
Akan terjadi malaikat maut ini memperlihatkan wajahnya sekilas lalu dan jika ini terjadi, mereka yang terpilih ini akan merasakan seakan-akan bingung seketika.
Adapun malaikat maut ini wujudnya cuma seorang tetapi kuasanya untuk mencabut nyawa adalah bersamaan dengan jumlah nyawa yang akan dicabutnya.
3. Tanda 7 hari sebelum kematian :
Adapun tanda ini akan diberikan hanya kepada mereka yang sedang diuji dengan penyakit. Biasanya orang sakit tidak selera makan, namun tiba-tiba ia sangat berselera dan lahap untuk makan.
4. Tanda 3 hari sebelum kematian :
Pada saat ini kita akan merasakan denyutan di bagian tengah dahi yaitu diantara dahi kanan dan kiri, jika tanda ini dapat dirasakan dan dikenali maka berpuasalah agar perut kita tidak mengandung banyak najis dan ini akan memudahkan orang yang akan memandikan kita nanti.
Pada saat ini juga mata hitam kita tidak akan bersinar lagi dan bagi orang yang sakit hidungnya akan perlahan-lahan jatuh dan ini dapat diperhatikan jika kita melihatnya dari bagian sisi.
Telinganya akan layu dimana pada bagian ujung telinga akan berangsur-ansur masuk ke dalam.
Telapak kakinya yang melonjor akan perlahan-lahan jatuh ke depan dan sukar ditegakan.
5) Tanda 1 hari sebelum kematian :
Akan terjadi sesudah ashar dimana kita akan merasakan satu denyutan di sebelah belakang yaitu bagian ubun-ubun, hal ini pertanda kita tidak akan sempat untuk menemui waktu ahsar keesokan harinya
Tanda akhir :
Akan terjadi keadaan dimana kita akan merasakan sejuk dibagian pusar dan rasa itu akan turun kepinggang dan seterusnya akan naik ke bagian tenggorokan.
Pada saat ini hendaklah kita terus mengucap kalimat SYAHADAT dan berdiam diri dan menantikan kedatangan malaikat maut untuk menjemput kita kembali kepada ALLAH SWT yang telah menghidupkan kita dan sekarang akan mematikan pula.
Semoga tanda-tanda 100 hari menjelang kematian ini akan membuat kita senantiasa sadar bahwa sesungguhnya kita tidak akan hidup selamanya di dunia ini. Oleh karena itu sudah sepantasnya kita mempersiapkan diri untuk kehidupan di akherat yang kekal.

Assalamu’alaykum wr wb.
Ustadz saya mau bertanya , apakah benar ada tanda2 kematian dari 100 hari , 40 hari , 7 hari , dst ??
Saya pernah melihat artikel mengenai hal tersebut , gara-gara membaca artikel itu , saya jadi dibayang-bayangi ketakutan karena pernah mengalami salah satu dari tanda2 tersebut , bagaimana solusinya menurut ustadz ?
Terimakasih dan semoga terbaca.
Wassalamu’alaykum warahmatulloh
Dari: Abdul Ghani
Jawaban:
Wa alaikumus salam warahmatulloh
Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,
Kaidah penting yang perlu kita tekankan bahwa semua informasi, keyakinan, pemikiran yang bertentengan dengan al-Quran, hadis shahih maupun realita, adalah kebatilan yang tidak akan pernah bisa diterima.
Berdasarkan kaidah ini, kita bisa menilai apakah informasi tersebut benar ataukah batil,
Pertama, Allah menegaskan dalam al-Qur’an
وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ
Tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha mengetahui dengan detail. (QS. Luqman: 34)
Jika kita ditanya, mana yang lebih memungkinkan untuk diupayakan terwujud, merencanakan waktu kematian atau tempat kematian?. Misalnya si A merencanakan waktu kematian, saya ingin mati di usia 63 tahun. Sementara si B merencanakan, saya ingin mati di jogja.
Mari kita perhatikan, merencanakan usia, 100 % tidak mungkin bisa dilakukan manusia. Karena bertambah dan berkurangnya umur manusia, di luar kemampuan dan upaya manusia.
Sementara merencanakan tempat mengakhiri hayat, lebih memungkinkan untuk diupayakan manusia. Karena seseorang mungkin saja berencana mati di kota A dan selama hidupnya, dia berusaha untuk tidak keluar dari kota A.
Dengan demikian, kita bisa menjawab pertanyaan di atas, bahwa tempat kematian lebih memungkinkan untuk diupayakan terwujud. Meskipun keduanya murni ada dalam kekuasaan Allah.
Kita kembali kepada ayat di atas. Pada ayat di atas, Allah menegaskan, ”tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati..”
Allah tidak berfirman, ”manusia tidak mengetahui kapan dia akan mati..” tapi yang Allah firmankan, ”manusia tidak mengetahui dimana dia akan mati.”
Jika Allah menegaskan bahwa manusia tidak bisa mengetahui tempat kematiannya, maka jelas manusia akan lebih tidak mengetahui berkaitan dengan waktu kematiannya.
Karena merencanakan tempat kematian itu lebih memungkinkan untuk lebih memungkinkan untuk diupayakan, dari pada merencanakan waktu kematian.
Sehingga ayat itu sejatinya memberikan pelajaran bagi kita, jika tempat saja manusia gak tahu, apalagi waktunya.
Tanda kematian, 100 hari, 40 hari, 7 hari, 3 hari dan 1 hari menjelang kematian, jelas sangat bertentangan dengan ayat di atas. Karena semua tanda di atas berbicara tentang kematian dalam batas waktu.
Kedua, dalam tulisan tersebut digambarkan lauhul mahfudz layaknya pohon.
”Selepas Ashar, jantung berdenyut-denyut. Daun yang bertuliskan nama kita di lauh mahfudz akan gugur..”
Di mana dalil bahwa lauh mahfudz berupa pohon berdaun?. Padahal Allah sebut lauh mahfudz berupa kitab,
أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا فِي السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ إِنَّ ذَلِكَ فِي كِتَابٍ
”Tidakkah engkau tahu bahwa Allah mengetahui segala yang ada di langit dan di bumi, dan semuanya terdapat dalam kitab.” (QS. Al-Hajj: 70).
Ibnu Athiyah mengatakan,
هو اللوح المحفوظ
”Kitab itu adalah al-Lauh al-Mahfudz.”
Allah juga menegaskan,
وَمَا تَحْمِلُ مِنْ أُنْثَى وَلَا تَضَعُ إِلَّا بِعِلْمِهِ وَمَا يُعَمَّرُ مِنْ مُعَمَّرٍ وَلَا يُنْقَصُ مِنْ عُمُرِهِ إِلَّا فِي كِتَابٍ
Dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam Kitab (Lauh Mahfuzh)
قال ابن عباس : هو اللوح المحفوظ
Ibnu Abbas mengatakan, “Itu adalah lauhul mahfudz.” (al-Bahr al-Muhith, 9/237).
Di ayat lain, Allah juga menegaskan,
أُولَئِكَ يَنَالُهُمْ نَصِيبُهُمْ مِنَ الْكِتَابِ
”Seperti itulah yang mereka dapatkan dari jatah mereka yang telah tertulis dalam al-kitab.”
Al-Baghawi menafsirkan ayat ini dengan mengatakan,
حظهم مما كتب لهم في اللوح المحفوظ
”Jatah mereka yang telah tertulis tentang mereka di al-Lauh al-Mahfudz.” (Tafsir al-Baghawi, 3/227).
Memahami keterangan di atas, informasi masalah kematian dan tanda-tandanya, yang sama sekali tidak menyebutkan sumber, tidak selayaknya diperhatikan, apalagi diyakini kebenarannya. Tulisan yang sangat tidak bertanggung jawab dan 100% dusta.
Peringatan!

Menyebarkan Berita Dusta di Internet

Dari Samurah bin Jundub radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan mimpi beliau,
رأيت الليلة رجلين أتياني، فأخذا بيدي، فأخرجاني إلى أرض فضاء، أو أرض مستوية، فمرا بي على رجل، ورجل قائم على رأسه بيده كلوب من حديد، فيدخله في شدقه، فيشقه، حتى يبلغ قفاه، ثم يخرجه فيدخله في شدقه الآخر، ويلتئم هذا الشدق، فهو يفعل ذلك به
Tadi malam saya melihat ada dua orang yang mendatangiku, lalu mereka memegang lenganku, kemudian mengajakku keluar ke tanah lapang. Kemudian kami melewati dua orang, yang satu berdiri di dekat kepala temannya dengan membawa gancu besi. Gancu itu dimasukkan ke dalam mulutnya, kemudian ditarik hingga robek pipinya sampai ke tengkuk. Dia tarik, lalu dia masukkan lagi ke dalam mulut dan dia tarik hingga robek pipi sisi satunya. Kemudian bekas pipi robek tadi kembali pulih dan dirobek lagi, dan begitu seterusnya.
Di akhir hadis, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dijelaskan Malaikat, apa maksud kejadian yang beliau lihat
أما الرجل الأول الذي رأيت فإنه رجل كذاب، يكذب الكذبة فتحمل عنه في الآفاق، فهو يصنع به ما رأيت إلى يوم القيامة، ثم يصنع الله به ما شاء
Orang pertama yang kamu lihat, itu adalah seorang pendusta. Dia membuat kedustaan dan dia sebarkan ke seluruh penjuru dunia. Dia dihukum seperti itu sampai kiamat, kemudian Allah sikapi sesuai yang Dia kehendaki. (HR. Ahmad 20165 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).
Di zaman internet, betapa mudahnya orang melakukan seperti yang disebutkan dalam hadis di atas. ”Membuat kedustaan dan dia sebarkan ke seluruh penjuru dunia..” karena cukup dia share di internet atau melalui sms, atau jejaring sosial lainnya, berita itu sudah menyebar ke mana-mana.
Maka berhat-hati menyebarkan informasi dusta, apalagi atas nama syariat.
Allahu a’lam
Konon katanya jika orang akan mengalami kematian, orang tersebut akan mendapatkan beberapa tanda-tanda bahwa orang itu akan menghadapi kematian.
Banyak orang yang mengatakan jika orang akan meninggal 40 hari sebelum ia menghadapi kematian, ia akan menerima berbagai tanda-tandanya.






Tanda-tanda kematian

Percaya atau pun tidak hal tersebut memang sering kali terjadi, biasanya orang-orang terdekat mereka akan bercerita bahwa sebelum meninggal kerabat mereka memang akhir-akhir ini selalu melakukan kegiatan yang merupakan tanda-tanda orang meninggal.
Sudah banyak orang yang mempercayai akan hal ini, tapi ada juga yang tidak percaya. Sebenarnya itu semua tergantung anda menyikapinya saja bagaimana. Tapi yang benar adalah hidup dan mati itu hanya Tuhan yang mengatur.
Kegiatan yang di lakukan orang yang akan meninggal memang aneh-aneh tapi kebiasaan umum yang sering di lakukan orang juga ada. Berikut adalah beberapa tanda-tanda orang yang akan menghadapi kematian:
• Orang tersebut akan selalu merasa resah dan gelisah saat ia akan tidur, ia akan sulit tertidur dan selalu mengganti posisi tidur berkali-kali.
• Orang tersebut juga akan menghindari dirinya dari orang lain, semacam menghindari dirinya dari kegiatan-kegiatan yang biasa di lakukan sehari-hari.
• Orang ini juga akan merasa selalu mengantuk, selalu merasa lelah, selalu ingin tidur dalam waktu yang lama.
• Nafus makan juga akan berkurang, biasanya orang yang akan menghadapi kematian itu tidak nafsu makan. Ia akan jarang makan bias-bisa seharian penuh ia tidak makan sama sekali.
• Saat teridur juga, orang tersebut akan mengalami jeda saat bernapas, yang membuat tidurnya tak nyaman.
• Jika ada tubuh yang terluka, lukanya cenderung akan susah sembuh.
• Selain itu badan atau tubuh orang yang akan mengalami kematian pun akan terjadi pembengkakan, badan mereka akan membengkak (bukan gendut).
Itulah beberapa hal yang konon katanya menjadi tanda-tanda jika orang akan mengalami kematian. Tapi kalo orang muslim mengatakan itu semua Allahualam. Karena manusia tidak akan tau pasti kapan ia akan diambil nyawanya oleh sang kuasa.
TANDA TANDA KEMATIAN MENURUT ISLAM
Allah telah memberi tanda kematian seorang
muslim sejak 100 hari, 40 hari, 7 hari, 3 hari dan 1
hari menjelang kematian.
Tanda 100 hari menjelang ajal :
Selepas waktu Ashar (Di waktu Ashar karena
pergantian dari terang ke gelap), kita merasa dari
ujung rambut sampai kaki menggigil, getaran yang
sangat kuat, lain dari biasanya, Bagi yang
menyadarinya akan terasa indah di hati, namun
yang tidak menyadari, tidak ada pengaruh apa-apa.
Tanda 40 hari menjelang kematian :
Selepas Ashar, jantung berdenyut-denyut. Daun
yang bertuliskan nama kita di lauh mahfudz akan
gugur. Malaikat maut akan mengambil daun kita
dan mulai mengikuti perjalanan kita sepanjang hari.
Tanda 7 hari menjlang ajal :
Akan diuji dengan sakit, Orang sakit biasanya tidak
selera makan. Tapi dengan sakit ini tiba-tiba
menjadi berselera meminta makanan ini dan itu.
Tanda 3 hari menjelang ajal :
Terasa denyutan ditengah dahi. Jika tanda ini
dirasa, maka berpuasalah kita, agar perut kitatidak
banyak najis dan memudahkan urusan orang
yang memandikan kita nanti.
Tanda 1 hari sebelum kematian :
Di waktu Ashar, kita merasa 1 denyutan di ubun-
ubun, menandakan kita tidak sempet menemui
Ashar besok harinya. Bagi yang khusnul khotimah
akanmerasa sejuk di bagian pusar, kemudian ke
pinggang lalu ketenggorokan, maka dalam kondisi
ini hendaklah kita mengucapkan 2 kalimat
syahadat.
SubhanAllah, Imam Al-Ghazali, mengetahui
kematiannya. Beliau menyiapkan sendiri
keperluannya,be liau sudah mandi dan wudhu,
meng-kafani dirinya, kecuali bagian wajah yang
belum ditutup.Beliau memanggil saudaranya
Imam Ahmad untuk menutup wajahnya.
SubhanAllah. Malaikat maut akan menampakkan
diri pada orang-orang yang terpilih. Dan semoga
kita menjadi hamba yang terpilih dan siap
menerima kematian kapanpun dan di manapun
kita berada. Aamiin...

“KULLU nafsin dza iqatul maut,” demikian firman Allah SWT dalam Surat Al Anbiya : 35.

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

Artinya:
"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). dan hanya kepada kamilah kamu dikembalikan."

Kematian yakni sesuatu takdir yang tidak dapat dihindari, bahkan tidak dapat diketahui kapan terjadinya, sebab yang tahu umur seseorang hanya tuhan semata.
Tetapi medis banyak mengetengahkan gejala-gejala yang muncul waktu orang akan/telah meninggal.


10 Tanda-Tanda Kematian Berdasarkan Medis

1. Degloving

Sesudah kematian kulit bakal mengelupas, terpenting kulit pada jari-jari serta kuku, gejala ini membuat kulit mengelupas layaknya sarung tangan atau kaos kaki. Perihal ini terjadi seseperti akibat dari pembengkakan gas pada batang, leher serta anggota badan, yang menjadi bengkak hingga seseorang bisa mengira mayat itu obesitas.

Ketika gas busuk berada di bawah sebanyak besar tekanan, mereka melepas diri dari tubuh serta seluruh massa yang membusuk hancur bersama jaringan lunak. Degloving yakni istilah yang tepat sebab anda bisa menarik kulit tangan mayat layaknya anda melepas sarung tangan. Uniknya walau kulit luar bisa mengelupas, sidik jari si mayat tetap tetap ada.

2. Death rattle

Death rattle yakni istilah umum rumah sakit waktu pasien yang hendak meninggal mengeluarkan suara yang mengerikan, tetapi apa karena suara ini keluar? Perihal ini terjadi sesudah hilangnya refleks batuk serta kehilangan kekuatan untuk menelan. Perihal ini mengakibatkan akumulasi kelebihan air liur di tenggorokan serta paru-paru.

Biarpun jarang mengakibatkan nyeri keppada pasien, anggota keluarga bakal jadi resah serta terganggu sebab suara ini. Siapa pun yang pernah mendengar suara kematian barangkali bakal teringat-ingat terus. Penyedotan, obat anti nyeri serta anti-kecemasan umumnya diberikan untuk mengurangi ketidaknyamanan pasien.

3. Cheynes-stokes respiration

Ini yakni pola pernapasan yang amat abnormal ditandai dengan napas yang amat cepat serta sesudah itu periode tidak bernapas (apnea). Dalam waktu pendek, jantung menjadi lemah serta terlalu banyak bekerja, ini membuat tubuh hiperventilasi(bernapas normal cepat) serta, sesudah itu, tidak ada energi lebih untuk bernapas untuk waktu waktu lama (apnea).

Ini bermakna organ-organ makin kekurangan darah serta, dengan demikian, oksigen kurang. Tanpa oksigen, sel-sel di organ mulai mati, organ-organ mati serta akhirnya kematian individu tersebut. Biarpun pula bisa terjadi pada orang dengan gagal jantung, atau gangguan pernapasan lainnya, umumnya gejala ini hadir pada waktu kematian bakal datang.

4. Defecation

Sesudah kematian, setiap otot dalam tubuh manusia bakal berhenti untuk menerima energi dalam bentuk atp. Akibatnya, perut bakal relaks serta buang air besar bisa terjadi. Perihal ini terpenting berlaku pada individu yang telah makan dalam periode lama sebelum waktu kematian mereka. Faktor lain yang berkontribusi buang air besar sesudah kematian yakni seberapa cepat tubuh seseorang umumnya mencerna makanan.

<p>Your browser does not support iframes.</p>
Perihal ini ditemukan lebih sering dalam kematian tidak terduga, daripketimbang kematian normal. Pasien di pusat-pusat rumah sakit barangkali tidak memempunyai nafsu makan selama beberapa hari sebelum kematian serta, dengan demikian, barangkali tidak bakal buang air besar pada tempat tidur mereka.

5. Rigor mortis

Rigor mortis yakni kekakuan sesudah kematian, tidak sebatas manusia bahkan binatang pun mengalami rigor mortis. Sesudah kematian, tubuh tidak mampu untuk memecahkan ikatan yang mengakibatkan kontraksi – mengakibatkan keadaan kontraksi terus-menerus.

Dalam kebanyumumnya kasus, rigor mortis diawali dalam 1-3 jam sesudah kematian, serta mulai benar-benar kaku sesudah 24 jam. Bahkan kelompak mata pun mengalami rigor mortis, bila sesudah 3 jam kelopak mata tidak ditutup selanjutnya mata si mayat bakal tetap terbuka. Rigor mortis pula mempengaruhi otot-otot lain, mengakibatkan jantung kelihatan membesar, air mani keluar sendiri, serta munculnya tonjolan-tonjolan di tubuh mayat.





6. Livor mortis

Livor mortis yakni warna ungu-merah yang muncul ketika darah tenggelam kebagian tubuh terspesifik. Livor mortis terjadi dalam area tubuh yang menyentuh tanah, atau yang menerima tekanan sebab kapiler yang dikompresi – ini mirip dengan menekan jari anda pada lengan anda selama beberapa detik serta mengamati sidik jari anda menjadi putih selama seputar tiga detik. Konsep ini menolong koroner memutuskan posisi kematian. Kehadiran atau ketidakhadiran koroner pula bisa menolong untuk memutuskan perkiraan waktu kematian. Perihal ini umumnya diawali 1-2 jam sesudah kematian serta menjadi permanen atau ”tetap” dalam 6-12 jam.

7. Algor mortis

Yakni turunnya temperatur tubuh seiring dengan kematian. Terjadi bila suhu diluar lebih dingin dari suhu tubuh. Orang yang meninggal di lantai kamar mandi lebih cepat turun suhu tubuhnya daripketimbang orang yang meninggal di luar, anak kecil lebih cepat turun suhu tubuhnya daripketimbang orang gemuk. Tetapi normalnya perlu 24 jam sampai tubuh benar-benar menjadi dingin atau suhu tubuhnya sama dengan lingkungan seputar.

8. Tache noire

Tache noire, dengan cara harfiah bermakna ”titik hitam”, yakni garis cokelat gelap kemerahan yang bakal membentuk horizontal di bola mata. Selama hidup bola mata tetap lembab sebab berkedip, namun kadang-kadang mereka tidak kembali dilindungi sesudah kematian. Oleh sebab itu, tache noire bakal terjadi pada individu yang kelopak mata tidak tertutup sesudah kematian. Demikian pula, membran mukosa lain layaknya lidah yang bakal gelap sesudah terpapar udara yang terlalu lama. Bila individu tenggelam, atau tubuh itu ditemukan dalam air, noiretache tidak bakal ditemukan sebabnya yakni sebab bola mata mesti terkena udara kering.

9. Purge fluid

Yakni cairan berwarna merah kecoklatan yang keluar dari mulut serta lubang anus, sering disalahartikan seseperti cedera otak atau darah biasa. Ini muncul seseperti akibat dari gas yang terbentuk di seluruh tubuh. Ketika terjadi pembentukan gas dalam perut serta usus, perut bisa menjadi tegang serta buncit.

Berikut, peningkatan tekanan abdomen mengakibatkan pembersihan cairan kotor, darah kebiruan dari vagina, mulut serta hidung. Sesuatu cairan bercampur kotoran yang sama pula bakal muncul dari rektum (anus). Purge fluid bisa bermanfaat dalam memutuskan waktu kematian. Bila seseorang meninggal dalam iklim panas, layaknya texas atau meksiko, cairan ini bisa dilihat dalam waktu kurang dari 24 jam.

10. Maceration

Maserasi bermakna “lunak dalam rendaman” dalam bahasa latin. Perihal ini mengacu keppada bayi yang mati dalam rahim, pada bulan keenam serta bulan kesembilan kehamilan. Dekomposisi mereka sedikit berlainan sebab terendam lama di dalam cairan ketuban. Mereka menyerupai mayat direndam dalam air.

Kulit bayi bakal tertampak layaknya mendidih atau “terbakar” sebab kulit mereka terlepas dari tubuh. Bila bayi tersebut tetap berada di rahim selama beberapa hari, tengkorak mulai hancur serta otak mulai mencair. Bila bayi dikeluarkan dari rahim dalam waktu 24 jam sesudah mereka mati, serta udara masuk ke dalam tubuh sang bunda selanjutnya tidak maserasi yang terjadi tetapi pembusukan.


Apakah tanda-tanda kematian yang biasanya ada di artikel internet itu benar adanya, dan adakah sumbernya?

PERTANYAAN

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Saya ingin bertanya, apakah tanda-tanda kematian yang biasanya ada di artikel internet itu benar adanya, dan adakah sumbernya? Sebab gara-gara saya membaca artikel tersebut, saya menjadi ketakutan, bagaimana cara untuk menghilangkan rasa takut tersebut?
mohon penjelasan dan solusinya

Pertanyaan diajukan oleh Syarif di Konsultasi Agama Islam

DAFTAR ISI

  1. Penulis Artikel Tanda Kematian Tidak Bertanggung Jawab
  2. Tidak Ada yang Tahu Waktu Mati Kecuali Allah
  3. Tanda-tanda Kematian dalam Islam
  4. Kesimpulan
  5. Tanda Kematian Membuat Galau
  6. Kompromi dalam Pernikahan
JAWABAN

Tanda kematian yang dimaksud oleh penanya adalah sebagai berikut:

Tanda 40 hari Sebelum Meninggal :

Tanda ini juga akan berlaku sesudah waktu Ashar, bahagian pusat kita akan berdenyut-denyut pada ketika ini daun yang tertulis nama kita akan gugur dari pokok yang letaknya diatas arash ALLAH SWT, maka malaikat
maut akan mengambil daun tersebut dan mulai membuat persediaannya ke atas kita, antaranya ialah ia akan mulai mengikuti kita sepanjang masa

Tanda 7 Hari Sebelum Meninggal:
Adapun tanda ini akan diberikan hanya kepada mereka yang diuji dengan musibah kesaktian dimana orang sakit yang tidak makan, secara tiba-tiba ia berselera untuk makan…

Tanda 3 Hari Sebelum Meninggal :

Pada ketika ini akan terasa denyutan di bahgian tengah dahi kita yaitu diantara dahi kanan dan kiri, jika tanda ini dapat dikesan maka berpuasalah kita selepas itu supaya perut kita tidak mengandungi banyak najis dan ini akan memudahkan urusan orang yang akan memandikan kita nanti.

Tanda 1 Hari Sebelum Meninggal :

Akan berlaku sesudah Ashar ketika kita akan merasakan satu denyutan di sebelah belakang yaitu di kawasan ubun-ubun dimana ini menandakan kita tidak akan sempat untuk menemui waktu ashar keesokan harinya.[Link: http://goo.gl/CcM0L2]

JAWABAN:

PENULIS ARTIKEL TANDA KEMATIAN TIDAK BERTANGGUNG JAWAB

Pembuat artikel di atas adalah orang misterius karena tidak menyebut identitas dirinya. Dan yang lebih penting lagi, tidak menyebut dasar dalil sumber tulisannya. Sehingga, mengomentari tulisannya pada dasarnya agak membung-bung waktu percuma. Namun, karena pernyataan tersebut cukup memengaruhi sebagian pembacanya, maka saya ingin memberi sedikit respons sebagai berikut:

KEMATIAN ADALAH KEHARUSAN TAPI TIDAK ADA YANG TAHU WAKTUNYA KECUALI ALLAH

1. Kematian adalah hal penting. Tak kurang dari 145 ayat dalam Al Qur'an yang menyebut atau membahas masalah kematian. Tentang waktu kematian adalah rahasia Allah semata. Tidak ada yang tahu kapan, di mana dan bagaimana seseorang akan mati. Karena kematian menyangkut terpisahnya ruh dengan badan. Dan tidak ada yang tahu banyak tentang soal ruh kecuali Allah. Allah berfirman:


وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي وَمَا أُوتِيتُم مِّن الْعِلْمِ إِلاَّ قَلِيلاً

Artinya: Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, "Ruh itu urusan Tuhanku, sedangkan kamu diberi pengetahuan hanya sedikit." (QS Al Isra' 17:85)

2. Allah hanya memberi konfirmasi bahwa kematian itu ada dan kerena itu mengingatkan manusia bahwa kematian dapat datang kepada kita sewaktu-waktu dan tidak akan dapat dihindari. Allah berfirman:

أَيْنَمَا تَكُونُواْ يُدْرِككُّمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنتُمْ فِي بُرُوجٍ مُّشَيَّدَةٍ

Artinya: Di manapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kokoh(QS An Nisa 4:78)

قُلْ إِنَّ الْمَوْتَ الَّذِي تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مُلَاقِيكُمْ
Artinya: Katakanlah, "Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu. (Al Jum'ah 62:8)

TANDA-TANDA KEMATIAN

Dari 145 ayat Al Quran yang menyebut tentang kematian, tidak ada satupun yang membahas tentang tanda-tanda orang yang akan mati apalagi tanda itu dimulai sejak 40 hari sebelumnya.

Adapun dalil Quran dan hadits yang menyinggung tanda-tanda orang yang akan meninggal adalah saat seseorang dalam kondisi sekarat (sakaratul maut) atau di ambang kematian. Haditsnya adalah sebagai berikut:

1. Terpejamnya mata:

دخل رسول الله صلى الله عليه وسلم على أبي سلمة وقد شَخَص بصره وأغمضه ثم قال : { إن الروح إذا قبض تبعه البصر

Artinya: Rasulullah memasuki rumah Abu Salmah dan menutup mata Abu Salmah kemudian berkata, "Sesungguhnya roh itu apabila tertahan [maksudnya meninggal] maka ia diikuti oleh mata."

2. Bertautnya betis. Allah berfirman:

والتفَّتْ الساق بالساق

Artinya: Dan bertaut betis (kiri) dan betis (ksnsnz) (QS Al Qiyamah 75:29).

KESIMPULAN

Artikel tentang tanda-tanda kematian yang ada di internet adalah tidak berdasar dan tidak ada dalil yang mendukung baik dari Al Quran dan Hadits Nabi. Padahal, hanya kedua sumber itulah yang patut dan bisa dijadikan rujukan untuk masalah yang ghaib.

Kalau ada pendapat yang menyangkut masalah ghaib yang tidak bersumber dari Quran dan hadits Nabi, maka pendapat itu kemungkinan didapat dari hasil mimpi atau bisikan jin atau setan. Yang semuanya cenderung menyesatkan dan tak layak dipercaya.

Seorang muslim yang ingin memperbaiki dirinya hendaknya mencukupkan diri pada nasihat langsung dari Quran dan Hadits sahih atau dari pendapat ulama yang berdasarkan pada kedua sumber utama Islam tersebut.

__________________________________________________


ARTIKEL TANDA KEMATIAN MEMBUAT GALAU (TIDAK TENANG)

asalamualaikum..
Bagaimana kita nak tahu apa yang terjadi pada kita adalah tanda kematian. contoh mcm bergetar tubuh katakan kaki rasa mcm menyucuk-nyusuk, berdenyut,kepala berdenyut,kaki sejuk, itu adalah tanda kematian ke?

Bagaimana kita nak tahu yang kita terlihat itu malaikat maut atau tidak seperti yang ada pada tulisan alifiansyah.wordpress 2011/11/18.bagaimana kita nak tahu yang itu malaikat maut?

Kalau macam kita terasa macam ada sesuatu mengikut kita,kemudian terasa macam ada orang dibelakang kita dan nampak kelibat pakaian putih tak sampai 1 saat di belakang kita kemudian hilang cam tu saja.adakah itu malaikat maut?
mohon beri penjelasan kerana sedikit sebanyak mengganggu hidup seperti tiada mood langsung dan rasa seperti dah hendak tinggalkan dunia.Adakah benar begitu?
Fazlina Lee

JAWABAN

Seperti yang disebut dalam penjelasan di atas, bahwa tanda kematian yang Anda baca melalui internet adalah bohong dan tidak benar. Tidak ada satupun manusia yang tahu kapan kematian akan datang. Karena itu, fokuslah kepada usaha untuk berbuat baik sesuai dengan perintah dan ajaran Islam dan jauhi perilaku yang dilarang oleh agama. Apabila Anda memiliki dosa di masa lalu, maka bertaubatlah dengan taubat nasuha. Insyaallah hidup Anda akan tenang di dunia dan akhirat.

__________________________________________________


http://palingseru.com/36980/7-tanda-jika-kamu-sudah-mau-mati


Menurut para ulama bahwa tanda kematian itu benar adanya dan nyata.
Hanya keimanan dan ketaqwaan kpd Allah swt.yg membedakan kepekaan kita dalam menerima tanda-tanda kematian yg diisyaratkan Allah swt tersebut.
Dalam riwayat syekh Imam Ghozali menerima isyarat kematiannya dari Allah swt dgn sangat sadar dan tenang.Sehingga beliau mampu mempersiapkan diri keperluannya setelah beliau mati.
Syekh Imam Ghozali menyiapkan sendiri air utk memandikan jenazahnya, kain kafan utk mengkafani jasadnya , hanya disaat ajal sudah benar benar dekat,beliau memanggil sang kakak yaitu Shekh Imam Ahmad Bin Hambal( Imam Hambali )Untuk meneruskan kewajibannya setelah beliau meninggal
Dalam riwayat ini jelas terlihat, bahwa Allah swt tak berlaku Dholim pada hamba-Nya.Bila Allah hendak mencabut nyawa HambaNya, pasti Allah akan memberi isyarat sebelumnya.
Supaya hamba tsb dapat mempersiapkan utk menghadapi kematian, segera bertaubat dan memperbanyak Amal.
Namun tanda tanda Kematian tsb hanya diperlihatkan Allah kepada hambanya yg beriman saja.
Kepada hambanya yg tak beriman/kafir, maka Allah langsung memerintahkan malaikat maut utk mencabut nyawa orang kafir tsb, tanpa memberi isyarat sebelumnya
Adapun tanda tanda kematian terbagi menjadi tahap :
1. 100 HARI SEBELUM KEMATIAN
Tanda ini muncul lazimnya setelah masuk waktu Asar, yaitu seluruh tubuh akan terasa menggigil dari ujung rambut sampai ujung kaki.
Tanda ini akan terasa nikmat dirasakan, dan bagi orang yg tingkat keimanannya tinggi, langsung dapat menerima bahwa ini isyarat dari Allah bahwa ajal sudah dekat.
Tapi bagi yg tingkat keimanannya rendah, terkadang mereka bingung, dan bahkan ada yg tak sadar bahwa ini isyarat kematian dari Allah swt.
2. 40 HARI SEBELUM KEMATIAN
Tanda ini juga muncul setelah masuk waktu asar, bagian pusat dari tubuh kita akan berdenyut.
Itu pertanda bahwa daun yg tertulis nama kita dari pohon yg terletak di Arshy Allah swt. Telah gugur.
Lalu malaikat maut mengambil daun tersebut dan segera membuat persiapan diantaranya mulai mengawasi kita setiap saat.
Dan sesekali malaikat maut menampakkan dirinya kepada orang yg akan dicabut nyawanya dlm wujud manusia, dan seketika itu pula orang itu akan terasa terkejud dan bingung melihat malaikat maut tsb.
Walaupun malaikat maut wujudnya hanya satu tapi atas izin Allah swt Dia mampu mencabut nyawa seseorang dlm waktu yg bersamaan
3. 7 HARI SEBELUM KEMATIAN
Tanda itu muncul setelah masuk waktu asar
Tanda ini hanya diberikan Allah swt. Terhadap orang yg diuji Allah dgn Sakit, biasanya orang yg sedang sakit tak berselera makan, tiba-tiba ingin makan.Ini merupakan isyarat dari Allah bahwa kematian, memang benar-benar sudah dekat.
4. 3 HARI SEBELUM KEMATIAN
Pada suatu saat akan terasa denyutan di tengah dahi kita, yaitu antara dahi kanan dan dahi kiri.
Jika tanda-tanda ini dapat dirasakan maka sebaiknya berpuasalah kita setelah itu.
Supaya perut kita tak mengandung banyak najis, dan ini akan memudahkan orang lain utk memandikan jasad kita.
Setelah itu pula mata hitam kita tak bersinar lagi, dan bagi orang yg sakit, hidungnya perlahan akan masuk ke dalam, ini dapat terlihat jelas kalau dilihat dari sisi tubuh kita.
Telinga akan layu dan berangsur-angsur masuk ke dalam. Tapak kaki tegak berangsur-angsur lurus ke depan dan sukar utk ditegakkan lagi.
5. 1 HARI SEBELUM KEMATIAN
Tanda inipun juga terjadi setelah waktu ashar, kita akan merasakan denyutan dibagian ubun ubun, ini menandakan kita sudah tak sempat lagi melihat waktu ashar di keesokan harinya.
6. TANDA TERAKHIR
Kita akan merasakan sejuk dibagian pusat, lalu turun ke pinggang dan akan terus naik ke bagian halkum
Pada masa ini hendaknya kita sering beristighfar memohon ampun pada Allah, dan sering-sering membaca syahadad.Menata hati, memfokuskan fikiran kita hanya kepada satu arah yaitu Allah swt.Dengan demikian semoga dgn sedikit pengetahuan menjelang kematian , kita punya kesiapan utk menghadapinya.7. PENUTUP
Akhirnya marilah kita berdo'a kepada Allah swt. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yg beriman, sehingga mampu menerima isyarat tanda-tanda kematian dari Allah swt.
Dan kita bisa mempersiapkan diri memohon ampun pada Allah swt, dan akhirnya di akhir dari hidup kita Khusnul Khotimah Amiin ya robbal 'alamin.

Alamat mati dalam khusnul khathimah (keadaan baik):

1. Sempat mengucap dua kalimah syahadah.

2. Berpeluh di dahi.
Sabda Rasulullah: “Bahwa matinya seseorang mukmin itu dengan keluarnya peluh di dahi”, Riwayat oleh Ahmad dan Tirmidzi.

3. Mati pada malam atau hari Jum'at.
Sabda Rasulullah “Tidak seorang muslim pun yang mati pada hari atau malam Jum'at melainkan Allah akan menjaganya dari fitnah kubur.”

4. Mati di medan perang karena membela agama Allah.

5. Bagi orang yang mati syahid ada 6 kelebihan:
i) Akan diampuni dengan serta merta dosanya serta diperlihatkan tempat duduknya di syurga (kecuali mereka yang masih ada urusan hutang).
ii) Diselamatkan dari siksa kubur.
iii) Aman dari ketakutan yang teramat besar dan dahsyat.
iv) Diperhiasi dengan iman.
v) Dikawinkan dengan bidadari (semiskin-miskin ialah 49 bidadari).
vi) Dapat memberi syafaat kepada 70 orang keluarganya. Riwayat oleh Tirmizi, Ahamd dan Ibnu Majah.

6. Mati karena melahirkan anak.

7. Mati karena taun,
Sabda Rasulullah, “taun itu satu kematian syahid bagi setiap mukmin”. (Hendaklah ia sabar dan redha menganggungnya). Riwayat oleh Muslim.

8. Mati akibat sakit perut maka ia mati syahid,
Sabda Rasulullah. Dan barang siapa mati karena sakit perut, maka ia mati syahid”. Riwayat oleh Muslim.

9. Mati tengelam dan tertimbus oleh bangunan.

10. Mati terbakar. Riwayat Tabrani.

11. Mati dalam nifas. Riwayat At-Tabrani.

12. Mati karena sakit TB.
Sabda Rasulullullah, “orang yang mati karena menanggung penyakit kurus kering ia mati syahid.” Riwayat Tabrani.

13. Mati akibat luka perang di jalan Allah.
Sabda Rasulullah, “Barangsiapa yang luka karena perang di jalan Allah itu mati, maka berarti ia syahid, atau kena pijak oleh unta atau kudanya atau ia mati di tempat tidurnya (setelah berperang itu) dengan sebab apa-apa pun yang dikehendaki oleh Allah, maka sesungguhnya ia adalah mati syahid dan akan masuk syurga”. Riwayat Daud.

14. Mati mempertahankan harta. Riwayat Bukhari.

15. Mati karena mempertahankan diri. Sabda Rasulullah “Barangsiapa terbunuh karena mempertahankan darahnya (dirinya), maka ianya mati syahid.” Riwayat Abu Daud.

16. Mati dalam bersiap-siap untuk berperang di jalan Allah.

17. Mati ketika sedang beramal soleh seperti sedang menuntut ilmu (ilmu yang dibolehkan oleh Islam) di masjid atau sedang berdakwah.

Berkata Abu Laith,
“Barangsiapa yang ingin selamat dari siksa kubur, maka haruslah ia melazimi 4 perkara dan meninggalkan 4 perkara:
1. Menjaga sembahyang 5 waktu.
2. Banyak bersedekah.
3. Banyak membaca Al-Qur'an.
4. Banyak bertasbih.

Dan hendaklah ia meninggalkan:
1. Meninggalkan dusta.
2. Meninggalkan sifat khianat.
3. Meninggalkan sifat mengadu-domba.
4. Menjaga kencing.

ciri-ciri orang yang akan meninggal - Tanda-Tanda Aneh Pada Orang Yang Akan Meninggal - Memang kita sebagai manusia tidak memiliki kemampuan untuk memprediksi kapan seseorang akan menemui ajalnya,bahkan para nabipun termasuk nabi Muhammad SAW tidak dibekali kemampuan untuk mengetahui tanda-tanda orang akan meninggal atau mati serta melakukan vonis kapan dan dimana seseorang akan meninggal karena semua itu adalah hak prerogative Allah SWT dan tidak ada satupun makhluk dimuka bumi ini yang diberikan wahyu atau bisikan baik melalui mimpi atau isyarat perihal akan meninggalnya seseorang.

Namun kita sebagai manusia tentu kita pernah menyaksikan saudara atau tetangga kita yang beberapa hari sebelum meninggalnya baik dalam keadaan sakit maupun sehat memiliki perangai atau mengucapkan kata-kata yang aneh yang sangat jarang atau bahkan tidak pernah diucapkan atau dilakukan oleh orang –orang yang memang benar-benar sehat badannya.
Berikut ini tanda-tanda atau ciri-ciri orang yang akan meninggal bila seseorang tersebut dalam keadaan sakit.

1. Sering mengompol baik diasiang hari maupun pada malam hari tanpa ia sadari.
2. Sering menyebut nama-nama orang atau anggota keluarga yang sudah almarhum,dan sering bercerita kalau dia pernah atau sedang berinteraksi dengan salah satu almarhum tersebut.
3. Selalu mengulang-ulang kata “Kita pulang yuuk,,!” aku kepengen pulang atau kata-kata sejenisnya,padahal dia sedang berada dirumah.
4. Sering berbicara tidak nyambung apa yang sedang di bicarakan,dia berbicara tak menyadari apa yang sedang dibicarakan,hal ini terjadi karena pusat kendali pada otaknya sudah mulai melemah dan kehilangan fungsinya.5. Jika diselimuti selalu membuang atau menyingkirkan kain atau selimut tersebut,dan tanpa perasaan malu secuilpun dia membiarkan auratnya terbuka.(kalau ditempat saya disebut buang kain)
6. Jika buang air,tinjanya berwarna hitam dan berbau menyengat dan sangat menjijikan,hal demikian terjadi untuk menguras semua kotoran yang ada di perutnya
7. Jika kita perhatikan kedua bola matanya terbuka lebar menerawang ke langit-langit seperti sedang menyimak dan memperhatikan sesuatu sangat serius sekali dan terkadang berbicara sendiri seolah-olah ada lawan bicaranya yang luput dari penglihatan kita.
8. Biasanya bila akan meninggal 2 atau 3 hari lagi nafsu makannya meningkat kemudian tiba-tiba keesokan harinya nafsu makannya kembali drop,bahkan sama sekali tak mau makan dan lebih parahnya lagi air infusan tidak mau masuk kedalam tubuhnya.
9. Tidak pernah tidur disiang maupun dimalam hari dan selalu mengarahkan pandangannya ke atas langit-langit rumah.
10. Sudah mulai tidak mengenal orang-orang disekitarnya,termasuk anak,ibu,bapak maupun tetangga.
11. Pada waktu kurang lebih 1 jam sebelum meninggalnya,suhu badannya meningkat menjadi lebih panas.
12. Pada daun telinganya terlihat membesar dan melembek,saya tidak tahu kenapa hal itu bisa terjadi.
semoga bermanfaat!


http://www.halloriau.com/read-hallo-indonesia-42579-2014-01-15-ini-ciriciri-orang-akan-meninggal-dunia.html

http://health.liputan6.com/read/604152/tanda-tanda-orang-mau-meninggal-dunia

http://asalasah.blogspot.com/2013/03/7-tanda-dan-firasat-seseorang-akan.html

http://makalah-perpustakaan.blogspot.com/2013/06/cara-mengetahui-10-ciri-orang-yang-akan.html

http://www.lihat.co.id/2013/05/10-tanda-tanda-manusia-akan-meninggal.html

Ciri-ciri orang yang ingin meninggal dunia

Bismillah hirrahmanirrahiim
Kenali saudara - saudara kita yang ingin meninggal dunia.
7 hari
1. Orang tersebut akan bermimpi dengan teman-temanya , mimpi dimana teman-temanya
berwajah hitam pekat dan minta pertolongan kepadanya , mimpi dunia ini hancur ,
mimpi di padang masyar ( alam akhirat )
2. orang tersebut , kemudian memanggil anak - anaknya dan menceritakan tentang mimpinya ,
agar maksud anak-anaknya mengambil hikmah dan beribadah kepada allah
3. Ketika orang itu sakit , memperhatikan , menanyakan siapa yang belum mengunjunginya ,
siapa yang belum datang , ( Mengabsen anak - anaknya )
4. memberikan wasiat terakhir , walaupun berbicaranya tidak dipahami
5. Maunya ingin pulang ke rumah
6. Pada malam jum'at , di datangi keluarga kerabat yang sudah meninggal , dengan bau wangi-wangian
( Jangan takut ) dan memasuki raga orang yang ingin meninggal , minta minum atau diambilkan
sesuatu dan tersenyum wajahnya.
7. setelah pagi hari , kakinya terasa dingin , kemudian menjalar ke betis , paha , perut , tangan
, jika kita cubit sudah tidak terasa sakit , sampai ke tenggorokkan , jika kita melihat matanya ,
bola matanya ke atas , ( saatnya memperbanyak dzikir ) , nafas terengah - engah ,
dahi mengkerut ...
Note : seseorang melihat orang tersebut sudah berada di rumah menggunakan baju kokoh dan sarung
di teras rumah, sehingga tetangga tersebut beranggapan bahwa orang tersebut sudah pulang
dari rumah sakit. , ternyata bahwa orang tersebut sudah meninggal di rumah sakit , ternyata
ruhnya sudah sampai duluan dirumah
.
Note : Seseorang yang ingin meninggal dunia ( ayahandanya ) pasti ada kabar yang diberikan
oleh Allah kepada salah satu anaknya , tetapi anaknya tidak tahu siapa yang meninggal
ibunya atau ayahnya anaknya sering mengunjunginya dan menanyakan terus keadaanya,
ada perasaan berbeda terhadap orang tersebut ( merasa akan kehilangan ) , dan merasa
anak itu manja , maunya selalu
dekat , mungkin orang tersebut sudah tidak ada didunia ini.

Wa allahu 'alam bi showwab
( Hanya allah Yang Maha mengetahui )
-----------------------------------------------------------------------------------
Miliki Segera Koleksi Video Umar Bin Khatab 30 Episode (Full Version) & Shoftware Islami, Murattal, Video Harun Yahya, Biografi Para Ulama, MP3 do'a-do'a, serta berbagai macam perlengkapan Islami lain nya..
Dapatkan semuanya, tanpa harus mencari banyak-banyak website...
Semuanya tersedia di sini..


1. Merasa gelisah.
Seseorang akan merasa tidak tenang serta sulit tidur, selain itu dia akan seringkali mengganti posisi saat tidur karena perasaan gelisah.

2. Menarik diri.
Seseorang tidak ingin lagi terlibat dalam aktifitas sosial ataupun melakukan kegiatan favoritnya.

3. Sering mengantuk.
Seseorang akan menghabiskan lebih banyak waktunya untuk tidur.

4. Kehilangan nafsu makan.
Seseorang hanya akan makan dan minum dalam jumlah sedikit dan berbeda dari biasanya.

5. Mengalami jeda saat bernapas.
Hal ini biasanya terjadi saat seseorang sedang tidur ataupun terjaga.

6. Luka yang sulit sembuh.
Luka atau infeksi yang dialami mengalami kesulitan untuk disembuhkan.

7. Pembengkakan.
Pada beberapa orang terjadi pembengkakan di daerah tangan, kaki atau bagian tubuh lain.

Proses sekarat mulai terjadi ketika tubuh tidak bisa mendapatkan asupan oksigen yang diperlukan untuk bisa bertahan hidup. Sel yang berbeda akan memiliki kecepatan kematian yang berbeda pula, sehingga panjangnya proses seseorang sekarat tergantung pada sel-sel yang kekurangan oksigen ini.

Sedangkan otak memerlukan oksigen dalam jumlah yang besar dan hanya memiliki sedikit oksigen cadangan. Sehingga jika asupan oksigen berkurang maka akan mengakibatkan kematian sel dalam waktu 3-7 menit saja.

Beberapa tanda yang ditunjukkan oleh orang yang sekarat adalah lebih banyak tidur, hal ini untuk menghemat energi yang tinggal tersisa sedikit di tubuh. Ketika energi tersebut hilang, maka seseorang akan kehilangan nafsu untuk makan ataupun minum. Proses menelan pun menjadi sulit dan mulut akan sangat kering, sehingga memaksa orang yang sekarat untuk minum akan membuatnya tersedak.

Selain itu orang yang sekarat akan kehilangan kontrol pada kandung kemih dan ususnya, sehingga seringkali terlihat mengompol. Orang akan merasa bingung, gelisah dan tidak tenang karena tidak dapat bernapas dengan teratur. Ketika sel-sel di dalam tubuh mulai kehilangan sambungan, maka akan mengalami kejang otot.

Kematian akan semakin mendekat jika kaki dan tangan terasa dingin dan mulai sedikit membiru akibat terhentinya aliran darah ke daerah tersebut. Tapi lama-kelamaan akan semakin menyebar ke bagian tubuh atas seperti lengan, bibir dan kuku. Selain itu orang menjadi tidak responsif, meskipun matanya terbuka tapi memiliki tatapan mata kosong atau tidak melihat sekelilingnya.

Setelah itu pernapasan akan terhenti sama sekali dan diikuti oleh berhentinya kerja jantung, maka secara klinis orang tersebut sudah mati karena tidak ada sirkulasi dan cadangan oksigen untuk bisa mencapai sel-sel di tubuh. Namun kematian klinis bisa dikembalikan melalui proses CPR (napas bantuan), transfusi atau ventilator. Tapi jika 4-6 menit setelah kematian klinis tidak ada perubahan, maka itu artinya jantung sudah tidak bisa bekerja lagi.

Karena jantung sudah tidak bekerja, maka secara otomatis aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh dan otak juga akan terhenti. Akibat tidak adanya asupan oksigen dan darah ke otak, maka dalam hitungan beberapa detik otak juga akan mati dan disitulah akhir dari perjalanan hidup seorang manusia.(*)
- See more at: http://www.halloriau.com/read-hallo-indonesia-42579-2014-01-15-ini-ciriciri-orang-akan-meninggal-dunia.html#sthash.pfq0qBwr.dpuf


http://yoyon.hexat.com/MATI

1. Merasa gelisah.
Seseorang akan merasa tidak tenang serta sulit tidur, selain itu dia akan seringkali mengganti posisi saat tidur karena perasaan gelisah.

2. Menarik diri.
Seseorang tidak ingin lagi terlibat dalam aktifitas sosial ataupun melakukan kegiatan favoritnya.

3. Sering mengantuk.
Seseorang akan menghabiskan lebih banyak waktunya untuk tidur.

4. Kehilangan nafsu makan.
Seseorang hanya akan makan dan minum dalam jumlah sedikit dan berbeda dari biasanya.

5. Mengalami jeda saat bernapas.
Hal ini biasanya terjadi saat seseorang sedang tidur ataupun terjaga.

6. Luka yang sulit sembuh.
Luka atau infeksi yang dialami mengalami kesulitan untuk disembuhkan.

7. Pembengkakan.
Pada beberapa orang terjadi pembengkakan di daerah tangan, kaki atau bagian tubuh lain.

Proses sekarat mulai terjadi ketika tubuh tidak bisa mendapatkan asupan oksigen yang diperlukan untuk bisa bertahan hidup. Sel yang berbeda akan memiliki kecepatan kematian yang berbeda pula, sehingga panjangnya proses seseorang sekarat tergantung pada sel-sel yang kekurangan oksigen ini.

Sedangkan otak memerlukan oksigen dalam jumlah yang besar dan hanya memiliki sedikit oksigen cadangan. Sehingga jika asupan oksigen berkurang maka akan mengakibatkan kematian sel dalam waktu 3-7 menit saja.

Beberapa tanda yang ditunjukkan oleh orang yang sekarat adalah lebih banyak tidur, hal ini untuk menghemat energi yang tinggal tersisa sedikit di tubuh. Ketika energi tersebut hilang, maka seseorang akan kehilangan nafsu untuk makan ataupun minum. Proses menelan pun menjadi sulit dan mulut akan sangat kering, sehingga memaksa orang yang sekarat untuk minum akan membuatnya tersedak.

Selain itu orang yang sekarat akan kehilangan kontrol pada kandung kemih dan ususnya, sehingga seringkali terlihat mengompol. Orang akan merasa bingung, gelisah dan tidak tenang karena tidak dapat bernapas dengan teratur. Ketika sel-sel di dalam tubuh mulai kehilangan sambungan, maka akan mengalami kejang otot.

Kematian akan semakin mendekat jika kaki dan tangan terasa dingin dan mulai sedikit membiru akibat terhentinya aliran darah ke daerah tersebut. Tapi lama-kelamaan akan semakin menyebar ke bagian tubuh atas seperti lengan, bibir dan kuku. Selain itu orang menjadi tidak responsif, meskipun matanya terbuka tapi memiliki tatapan mata kosong atau tidak melihat sekelilingnya.

Setelah itu pernapasan akan terhenti sama sekali dan diikuti oleh berhentinya kerja jantung, maka secara klinis orang tersebut sudah mati karena tidak ada sirkulasi dan cadangan oksigen untuk bisa mencapai sel-sel di tubuh. Namun kematian klinis bisa dikembalikan melalui proses CPR (napas bantuan), transfusi atau ventilator. Tapi jika 4-6 menit setelah kematian klinis tidak ada perubahan, maka itu artinya jantung sudah tidak bisa bekerja lagi.

Karena jantung sudah tidak bekerja, maka secara otomatis aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh dan otak juga akan terhenti. Akibat tidak adanya asupan oksigen dan darah ke otak, maka dalam hitungan beberapa detik otak juga akan mati dan disitulah akhir dari perjalanan hidup seorang manusia.(*)
- See more at: http://www.halloriau.com/read-hallo-indonesia-42579-2014-01-15-ini-ciriciri-orang-akan-meninggal-dunia.html#sthash.pfq0qBwr.dpuf